Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Tanpa Root

Tidak seperti menghapus aplikasi pada umumnya, untuk menghapus aplikasi bawaan Android memang dibutuhkan cara khusus. Mengapa aplikasi bawaan Android butuh dihapus? Lantaran tidak seluruh aplikasi berguna untuk smartphone, bahkan cenderung mengacaukan. Terlebih, beberapa aplikasi hanya akan membuang kapasitas memori. Lalu, bagaimana cara menghapus aplikasi bawaan Android itu? Tenang, koranspace akan mengurai cara menghapus aplikasi bawaan itu baik smartphone yang sudah di root dan juga tanpa root.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan no root

Apa Itu Aplikasi Bawaan?
Bloatware atau aplikasi bawaan adalah nama panggilan untuk aplikasi yang memang sudah terpasang di smartphone. Biasanya dipasang oleh pabrik pembuat atau penyedia jaringan. Biasanya aplikasi bloatware banyak manfaatnya, tetapi terkadang ada aplikasi bawaan yang sebetulnya tidak kita butuhkan. Sehingga keberadaannya bisa sangat menjengkelkan.

Sebenarnya kamu bisa mengabaikannya saja, karena jika tidak dibuka maka baterai dan paket data akan aman dan tidak terkurang. Tetapi jika smartphone kamu sudah lumayan lemot, maka koranspace sarankan untuk menghapus saja aplikasi bawaan. Sayangnya tidak seluruh aplikasi bawaan bisa dihapus, jika sudah begitu maka kita butuh cara khusus untuk menghapusnya. Simak caranya dibawah ini.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa Aplikasi

  • Pertama, kamu harus melihat berapa banyak bloatware yang bisa dihapus.
  • Buka pengaturan, pilih tab Umum, dan pilih Aplikasi dan Pemberitahuan.
  • Ketuk aplikasi bloatware yang aktif. Di bagian atas terlihat ada 2 tombol, Copot Pemasangan dan Force Stop.
  • Tombol-tombol akan menyala jika aktif, dan abu-abu jika tidak bisa di hapus. Tekan Copot Pemasangan untuk menghapusnya.
  • Aplikasi yang tidak bisa dihapus akan Disable tombolnya. 


Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android melalui Google Play Store

Kamu juga bisa menghapus aplikasi bawaan melalui Google Play Store. Caranya seperti ini:

  • Buka Google Play Store dan buka menu. Ketuk Aplikasi & Games.
  • Menu aplikasi yang diinstal di smartphone akan terbuka. Ketuk aplikasi yang ingin dihapus dan itu akan mendatangkan Kamu ke beranda aplikasi itu di Google Play Store, ketuk Hapus.


Nonaktifkan Bloatware dan aplikasi bawaan

Kalau tidak, kamu juga bisa menonaktifkan aplikasi bawaan, dengan begitu aplikasinya tidak akan beroperasi. Caranya seperti ini:

  • Copot seluruh pembaruan dari aplikasi melalui Google Play Store.
  • Masuk ke pengaturan dan arahkan ke menu Aplikasi & Pemberitahuan, ketuk aplikasi yang ingin Kamu nonaktifkan.
  • Ketuk Izin dan nonaktifkan seluruh izin.
  • Ketuk tombol Nonaktifkan. Kamu akan mendapat peringatan bahwa menonaktifkan aplikasi bisa memengaruhi fungsi aplikasi lain, Klik saja Setuju.


Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android dengan CCleaner

Menghapus aplikasi bawaan Android juga bisa Kamu lakukan tanpa root. Dengan begini, Kamu tidak butuh repot mengaktifkan sistem Super-User terlebih dulu. Adapun cara menghapus bloatware melalui CCleaner adalah seperti berikut:

  • Terlebih dulu unduh aplikasi CCleaner.
  • Install pada perangkat Android kamu.
  • Buka aplikasi dan tap 3 garis pada pojok kiri atas. Selanjutnya pilih App Manager.
  • Kemudian pilih System dan tap tombol ikon sampah.
  • Pada saat bermaksud akan menghapus aplikasi bawaan Android, kebanyakan tampil tanda peringatan. Tap tombol Continue untuk melanjutkan.
  • Lalu, pilih aplikasi yang bermaksud akan Kamu hapus. Pastikan bukan menghapus aplikasi yang vital.
  • Terakhir, tap Copot Pemasangat atau Uninstall untuk menghapus aplikasi. Dalam hal ini akan tampil peringatan, apakah Kamu benar-benar yakin akan menghapusnya? Bila yakin, tap OK.


Sebenarnya akan semakin gampang dalam menghapus bloatware saat hp sudah di root, Kamu bisa memanfaatkan beberapa aplikasi seperti berikut.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android dengan Root Explorer

Root Explorer terbilang aplikasi wajib yang harus dimiliki pengguna smartphone yang sudah dilakukan root. Aplikasi ini tidak berlainan jauh dengan file explorer lainnya, tetapi Root Explorer bisa menjalankan, mengedit, dan menghapus file yang ada.

Untuk menghapus bloatware pun terbilang mudah.

  • Buka Root Explorer dan klik tombol “Mount as R/W” pada pojok kanan atas. Pastikan posisi dalam kondisi “R/W” (read and write), bukan “R/O” (read only).
  • Selanjutnya buka folder System > App. Nantinya akan terlihat bermacam-macam aplikasi bawaan yang tersimpan pada smartphone Android kamu. Bila ingin menghapusnya, tekan dan tahan, lantas pilih delete.
  • Pastikan untuk menghapus aplikasi yang memang tidak dipakai, bukan aplikasi vital. Bila salah menghapus aplikasi, hp Kamu mungkin akan mengalami error, bahkan bisa mengalami bootloop.


Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android menggunakan ES Explorer

Tidak berbeda dengan Root Explorer, aplikasi ini juga sanggup menggunakan dan memodifikasi file sistem. Terlebih, ES Explorer dibekali dengan fungsi yang semakin lengkap dan tampilannya yang semakin friendly.

Cara menghapus aplikasi bawaan Android pun terbilang mudah. Pertama, izinkan penggunaan root terlebih dulu. Lalu, pilihlah aplikasi yang bermaksud akan dihapus dengan memakai cara yang sama seperti Root Explorer.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android dengan Link2SD

Ternyata, selain dimanfaatkan untuk memindah aplikasi ke SD card, Link2SD juga bisa Kamu manfaatkan untuk menghapus aplikasi bawaan smartphone Android. Cara penggunaannya juga lumayan gampang loh. Berikut tutorialnya:

  • Install aplikasinya terlebih dulu. Selanjutnya pilih aplikasi yang bermaksud akan Kamu hapus dengan cara klik tombol Action kemudian pilih Uninstall.
  • Pada saat tampil beranda peringatan, pilih OK untuk melanjutkan. Dengan begini, maka proses penghapusan akan berjalan.


Itu dia cara menghapus aplikasi bawaan Android tanpa memakai PC. Kamu bisa memakai cara diatas baik memakai android Vivo, Xiaomi, Samsung, Asus dan juga merk smartphone lainnya.

Post a Comment for "Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Tanpa Root"