Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Mengatasi Microsoft Excel Not Responding Atau Error

Excel not responding secara tiba-tiba, apa yang harus di lakukan untuk mengatasinya? Beberapa besar orang akan pusing dan khawatir, alih-alih hasil pekerjaan mereka di Excel itu akan hilang. Bila, kondisi itu terjadi pada Kamu jangan khawatir, karena ada cara praktis untuk mengatasi microsoft excel not responding atau error secara mendadak dengan mudah.

Cara Mudah Mengatasi Microsoft Excel Not Responding Atau Error

Situasi ini bukanlah persoalan yang jarang terjadi, karena hampir tiap saat bisa saja PC atau laptop Kamu mengalami kondisi demikian. Apalagi kondisinya Kamu sedang mengetik atau mengerjakan sesuatu tiba-tiba saja tidak bisa diketik atau diklik. Bisa dibayangkan betapa kesalnya kamu saat itu terjadi, tapi tetaplah tenang dan jangan panik.

Umumnya ada beberapa hal yang menimbulkan Excel menjadi lemot. Tidak bersumberkan jenis excel apa yang Kamu pergunakan baik Microsoft Excel 2003, 2007, 2010, 2013 dan lainnya. Untuk itu mari kita simak uraian selengkapnya seputar penyebab dan cara penanganan yang baik dan benar untuk excel Kamu yang lemot atau not responding pada rangkaian informasi di bawah ini.

Cara Mudah Mengatasi Microsoft Excel Not Responding Atau Error


1. Excel Mode Aman

Mode aman yang dimaksud adalah salah 1 fitur yang memungkinkan Excel mulai bekerja tanpa harus mengalami program startup tertentu. Bagaimana caranya? Pertama tama, Kamu bisa mulai dengan menjalankan Excel mode aman dengan menekan atau menahan tombol Ctrl pada saat akan memulai program.

Pada saat Kamu menjalankan excel dalam mode ini maka Kamu akan melewatkan fungsionalitas dan pengperaturan seperti halnya  Xlstart folder, lokasi startup alternatif, Bar mesin diubah dan add-in Excel. Namun, add-in COM akan dikecualikan.

2. Update Microsoft Excel atau Windows

Pada PC atau laptop jika Kamu kerap mengalami not responding cobalah untuk melaksanakan pembaharuan windows dengan cara menyetelnya secara otomatis untuk proses mengunduh, instal dan pembaharuan yang direkomendasikan.

Dengan adanya penginstalan dengan cara optimal tiap ada pembaharuan maka akan memperbaiki masalah dengan upaya mengganti adanya kadaluarsa file dan mengatasi akibat kerentanan. Apabila masalah masih berkelanjutan, cobalah untuk memakai tahap berikutnya.

3. Jangan multi tab Excel

Apabia excel sedang melaksanakan proses lainnya dengan cara bersamaan, bisa berpengaruh terhadap performa exel itu sendiri. Informasi ini bisa Kamu lihat pada bilah status yang ditampilkan pada bagian jendela bawah excel. Umumnya saat Kamu melaksanakan tindakan double atau pengerjaan lain di Excel yang dipakai, maka Excel bisa jadi akan susah untuk merespon.

Maka, solusinya adalah biarkan tugas pertama pada Excel berakhir, barulah Kamu mencoba untuk melakukan tindakan lainnya memakai Excel. Hal tersebut bertujuan supaya Excel tidak bekerja terlalu keras akibatnya kesusahan untuk bekerja dengan cara optimal.

4. Masalah pada fitur add-in

Add in adalah salah 1 fitur untuk menambahkan pengalaman Anda. Walaupun demikian kadang kala add in bisa mengacaukan dan mendatangkan masalah pada Excel. Untuk itu cobalah untuk menyelidiki kemungkinan excel not responding karena add in ini. Kamu bisa mencoba memulai Excel tanpa memakai add in untuk melihat apakah kendala Kamu hilang.

Bila dengan menonaktifkan add in tidak sama sekali memecahkan masalah Anda, cobalah untuk mempraktekkan cara berikutnya.

5. Repair Office

Salah 1 cara lainnya untuk memperbaiki kesalahan Excel not responding adalah dengan memperbaiki microsoft office. Nah, untuk bisa melaksanakan kondisi ini, Kamu butuh masuk ke bagian menu “Control Panel”. Pada menu itu pilih “Program dan Freatures”. Selanjutnya pilih Microsoft office dalam list dan pilih tombol change yang ada di bagian atas.

Pada tahap ini Kamu akan melihat secara otomatis adanya pilihan Repair Office. Apabila Kamu sudah menjalankannya, berikutnya coba lihat apakah masalah sudah terpecahkan atau belum.

6. Uninstall dan Install lagi Microsoft Excel

Apabila panduan diatas belum juga membuahkan hasil dan Kamu tetap mengalami not responding pada Excel, cobalah untuk mencopot pemasangannya dan instal sekali lagi dari awal. Kamu tidak butuh melaksanakannya dengan cara manual, karena microsoft sendiri sesungguhnya menawarkan program untuk itu dengan nama “Easy Fix”. tidak sedikit Kamu bisa menemuinya di situs sah microsoft.

7. Update Anti Virus

Kemungkinan perangkat antivirus juga bisa menjadi penyebab adanya gangguan pada microsoft excel Anda. Disarankan cobalah untuk Kamu memeriksa apakah software Anti virus yang Kamu gunakan sudah up to data atau sudah dalam kondisi versi terbaru atau tidak.

Untuk memastikan semakin lanjut apakah excel not responding karena perangkat anti virus, maka silahkan untuk menonaktifkan anti virus dan memulai excel sekali lagi untuk melihat apakah masalah sudah terselesaikan. Bila masalah belum terselesaikan cobalah untuk memakai perangkat lunak ke3 yang sifatnya praktis dan efesien seperti halnya Stellar Phoenix Excel Repair.

Inilah petunjuk dan trik yang bisa Kamu manfaatkan jika mengalami not responding pada perangkat software Anda saat menjalankan Excel. Tidak hanya di microsoft Excel yang mengalami loading lambat, lemot dan error. Hal tersebut juga kerap terjadi di software lainnya seperti Microsoft Word dan microsoft publisher dan juga aplikasi lainnya dalam PC atau laptop Anda.

Semoga metode praktis ini bisa turut menolong Kamu mengatasi Excel tidak merespon atau berhenti bekerja dengan cepat dan manjur. Ikuti solusi diatas dengan cara berurutan dan lihat hasilnya. Apabila pemecahan masalah sudah dilakukan tapi masih berkendala sama, silahkan untuk menghubungi microsoft support untuk penanganan semakin lanjut.

Post a Comment for "Cara Mudah Mengatasi Microsoft Excel Not Responding Atau Error"